Senin, 03 Agustus 2020

RUANG LINGKUP DANA KAS KECIL

RUANG LINGKUP KAS KECIL

-         Pengertian Kas
Kas merupakan suatu alat pertukaran dan juga digunakan sebagai ukuran dalam akuntansi. Dalam neraca, kas merupakan aktiva yang paling lancar , dalam arti paling sering berubah . Hampir pada setiap transaksi dengan pihak luar selalu mempngaruhi kas. Kas adalah aktiva yang tidak produktif , oleh karena itu harus dijaga supaya jumlah kas tidak terlalu besar sehingga tidak ada “idle cash” baru. Daya beli uang bisa berubah-ubah mungkin naik atau turun tetapi kenaikan atau penurunan daya beli ini tidak akan mengakibatkan penilaian kembali terhadap kas.

Kelompok kas meliputi :
a. Uangkertas atau logam 
b. Cek dan blyet giro
c. Simpanan di bank dalam bentuk giro
d. Traveler’s cheque.
e. Money Order
f. Chasier’s order
g. Bank draft
Ciri-ciri kas adalah kas tersebut dapat dipergunakan segera sebesar nilai nominal yang diperlukan. Maka apabila tidak dapatdigunakan sebagai pembayaran langsung dan tidak sesuai dengan nominalnya, disebut bukan kas.
Kelompok bukan kas :
a. Cek mundur
b. Wesel atau promes
c. Deposito berjangka
d. Surat berharga
e. Kas yang disisihkan untuk tujuan tertentu yangberbentuk dana

-         Pengertian Kas kecil
Pengendalian kas akan efektif apabila semua pembayaran dilakukan melalui cek dan penerimaan kas langsung disetorkan ke bank. Sungguh pun begitu, perusahaan biasanya mempunyai pembayarn bernilai kecil terhadapnya penarikan cek dan tidak akan efektif dan memakan waktu. Karena itulah perusahaan biasanya menyimpan dana kas yang terpisah untuk melakukan pembayaran tunai yang kecil tadi .
Dana kas kecil ( Petty Cash ) adalah uang kas yang disediakan untuk membayar pengeluaran- pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan tidak ekonomis dibayar dengan cek. Besarnya dana kas kecil tergantung pada jumlah , besaran , frekuensi pengeluaran dan lain-lain. Tentu saja , dana lain kas kecil perusahaan multinasional akan jauh lebih besar daripada dana kas kecil pada perusahaan menengah.
Kas Besar merupakan kas yang digunakan untuk melakukan semua penerimaan kas dan pengeluaran kas dalam jumlah yang relatif besar.
Pemegang kas kecil bertanggung jawab penuh teradap pengelolaan kas kecil.
Tugas sekretaris atau staff administrasi sebagai pemegang kas kecil antara lain:
a. Menerima cek dan bukti kas keluar 3 lembar dari bendahara perusahaan.
b. Mencairkan cek ke bank.
c. Menyimpan uang tunai dari bank.
d. Menyimpan bukti pengeluaran kas dan diarsipkan menurut tanggal.
e. Mencatat setiap pengeluaran atau transaksi dari kas kecil ke dalam buku kas kecil.

Tujuan Dibentuknya kas kecil
Menangani masalah perlengkapan dan perbekalan kantor yang dialami oleh sebuah bagian di kantor menghindari cara pembayaran yang tidak ekonomis juga tidak praktis dari pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan mendadak. Meringankan beban staff karyawan dalam memberikan pelayanan secara maksimal kepada konsumen juga termasuk kepada relasi bisnis pimpinan. Mempercepat kegiatan atasan yang memakai dana secara mendadak dan tidak terencana sebelumnya.

Ciri-Ciri Kas Kecil
Adapun ciri-ciri yang dimiliki kas kecil yaitu sebagai berikut :
Jumlah yang terbatas. maksudnya, jumlahnya tidak boleh melebihi atau kurang dari jumlah tertentu yang sudah disepakati oleh manajemen perusahaan.
Dipakai untuk mendanai pengeluaran yang sifatnya rutin (setiap hari).
Dana kas kecil umumnya disimpan di tempat khusus, dengan meemakai kotak kecil yang disebut sebagai petty cash box.
Dipegang oleh karyawan atau petugas keuangan yang terdapat di tingkat pemula.

Fungsi – fungsi dana kas kecil
Dalam rangka memperlancar penerimaan dan pengeluaran kas serta memperlancar pelaksanaan kegiatan perusahaan dilakukan sebagai berikut :
*Semua penerimaan uang langsung disetor ke bank
            *Semua penerimaan uang kecuali yang jumlahnya kecil dilakukan dengan cek atau bilye giro .
            *Pengeluaran – pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil seperti :
                  1 .        Pembelian Materai
                  2 .        Pembayaran biaya kebersihan
                  3 .        Pembayaran biaya telepon dan listrik
                  4 .        Pembayaran biaya angkut
                  5 .        Pembayaran upah pesuruh
                  6 .        Pembayaran biaya parker
                  7 .        Pembelian bahan pembantu kantor
                  8 .        Pembayaran lain yang jumlahnya relatif kecil

Dokumen yang dibutuhkan dalam pengelolaan dana kas kecil
Dokumen atau bukti pemakaian Kas kecil ada dua yakni bukti pengeluaran Internal dan bukti pengeluaran Eksternal. Peralatan atau dokumen yang diperlukan dalam pengelolaan dana kas kecil yaitu

1. Bukti kas keluar
Dokumen ini berguna agar perintah pengeluaran kas dari fungsi akuntansi pada fungsi kas besar yang tercantum dalam dokumen tersebut. Dalam sistem dana kas Kecil, dokumen ini sangat dubutuhkan pada saat pengisian kembali dana kas kecil.

2. Cek
Cek adalah dokumen yang dipakai untuk memerintahkan bank melakukan pembayaran sejumlah uang kepada orang atau badan yang namanya tercantum pada cek atau pembawa cek.

3. Permintaan pengeluaran kas kecil
Dokumen ini dipakai oleh pengguna kas kecil untuk meminta sejumlah uang kepada pemegang dana kas kecil. Bagi pemegang dana kas kecil dokumen ini berguna sebagai bukti pengeluaran. Dokumen ini akan disimpan oleh pemegang kas kecil menurut nama pengeluaran dana kas kecil.

4). Bukti pengeluaran kas kecil
Dokumen ini dibuat oleh pengguna dana kas kecil untuk mempertanggung jawabkan pemakaian dana kas kecil. Dokumen ini dilampiri dengan bukti-bukti pengeluaran kas kecil dan diserahkan oleh pengguna dana kas kecil kepada pemegang dana kas kecil.

5. Permintaan pengisian kembali kas kecil
Dokumen ini dibuat oleh pemegang dana kas kecil untuk meminta kepada bagian utang agar dibuatkan bukti kas keluar untuk pengisian kembali dana kas kecil.

3 komentar:

  1. Dalam pembahasan ini saya sangat memahami teori dari uang kas kecil

    BalasHapus
  2. Dalam teori dari uang kas kecil saya lebih sangat memahami dalam pembahasan teori kas kecil

    BalasHapus

Kegunaan bumbu dasar

Bulan puasa sebentar lagi, kadang kala di waktu sahur waktu kita ternyata cukup banyak di habiskan untuk memasak, bahkan membuat bumbu jadi ...